Banner 468 x 60px

 

Rabu, 12 April 2017

Menulis Cerdaskan Insan Muda

0 komentar
             

           Patut kita akui dengan jujur bahwa kegiatan menulis di negeri ini masih terbilang cukup  rendah. Budaya menulis belum terlihat mentradisi dikalangan para pelajar. Jika kita amati, hanya terlihat beberapa pelajar saja yang gemar menulis. Bahkan minimnya budaya menulis di negeri ini terjadi dikalangan intelektualnya sendiri, seperti mahasiswa serta tenaga didik. Padahal tenaga didik berperan sangat penting dalam mengembangkan kemampuan peserta didiknya diberbagai aspek. Fenomena seperti ini tentunya harus menjadi perhatian bagi para tenaga didik untuk mentradisikan budaya menulis dengan secara turun-temurun.

         Hal ini sangat disayangkan jika budaya menulis dengan berbagai manfaat yang akan diperoleh tidak dibangun sebagai tradisi di negeri ini. Budaya menulis harus dipupuk secara berkala dari sejak dini mungkin agar menjadi sebuah tradisi dikalangan para pelajar. Kita bisa mengambil contoh negara Jepang, negeri yang luluh lantak akibat invasi Amerika serikat (AS), namun bisa bangkit kembali dengan “reading society”. Semua ini, tidak lepas dari semangat dan kedisiplinan bangsa Jepang dalam menuntut ilmu pengetahuan, diantaranya budaya membaca dan menulis (Tribun Timur, 17 Mei 2012).

Gemar Menulis
            Menulis merupakan aktivitas yang positif. Menulis juga merupakan proses kreatif untuk seseorang dalam meng-upgrade kemampuannya. Bagi orang yang gemar dengan dunia tulis menulis hal itu menjadi aktivitas yang menyenangkan, menarik dan juga menantang bagi dirinya sendiri. Karena dengan menulis kita akan berusaha berpikir analisis dan kritis untuk menuliskan sesuatu melalui tulisan. Menulis juga bisa dijadikan sebagai aktivitas senam otak. Dengan senam otak maka syaraf-syaraf yang terdapat di otak akan teraktivasi dengan baik. Senam otak tersebut berfungsi untuk menyehatkan otak, menyegarkan pikiran, serta menumbuhkan kreatifitas para pelajar. Hal ini tentunya sangat penting bagi peningkatan kecerdasan dikalangan para pelajar. Apalagi tingkat perkembangan mereka yang cepat dan baik. Otomatis ide-ide kreatif mereka tidak hanya terucap lewat verbal saja, melainkan akan teraktualisasikan lewat tulisan secara cerdas dan juga kreatif.

Insan Muda
            Selain daripada hal tersebut, dengan mentradisikan budaya menulis dikalangan para pelajar juga akan menciptakan budaya membaca yang tinggi. Mereka akan secara otomatis akan gemar membaca dan rakus menelan berbagai informasi yang dibutuhkan olehnya. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kecerdasan serta moral para pelajar di negeri ini. Pun hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap perubahan perilaku para pelajar Indonesia. Oleh karena itu, saatnya kita membangun peradaban bangsa yang lebih maju serta bermartabat lewat menulis. Hanya dengan mentradisikan budaya menulis dikalangan para pelajar, maka akan menghasilkan insan-insan muda Indonesia yang cerdas, inovatif, dan juga kreatif. Insya Allah.


Sumber Gambar:
https://www.tulisanbocah.org

0 komentar:

Posting Komentar

 
Santri PPKn © 2017